[Beauty 101] Ingredients dalam Skincare: Sunscreen


Kalian semua pasti sudah tahu kan, bahwa memakai sunscreen atau sunblock itu penting banget jika kalian berpergian ke luar rumah di siang hari karena pengaruh buruk radiasi sinar Ultra Violet.

Sinar Ultra Violet adalah sinar elektromagnetis yang merupakan bagian dari spektrum sinar matahari. Berdasarkan panjang gelombang dan energi yang dimilikinya, sinar ultraviolet dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu, ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB).

Seperti yang sudah gue katakan di awal bahwa pengaruh sinar UV ini sangat buruk untuk kesehatan kulit kalian, sinar UV A bisa membuat kulit kehilangan elastisitasnya sehingga lebih cepat keriput. Sinar UV B juga berdampak buruk untuk kulit karena dapat membakar dan merusak lapisan ari pada kulit kita.

ke pantai wajib untuk memakai sunscreen

Biasanya dalam kemasan sunscreen terdapat tulisan spf dan PA. Apa itu spf dan PA? spf merupakan sun protection factor yang melindungi kulit dari sengatan UV B. semakin tinggi spf yang tertera pada kemasan, maka semakin tinggi perlindungannya terhadap sinar UV B. Sedangkan PA berfungsi sebagai proteksi untuk menangkal UV A. Semakin banyak tanda + yang berada di samping kata PA di tulis pada kemasan, semakin tinggi pula perlindungannya dalam menangkal UV A.

Oke kali ini gue akan membahas tentang kandungan apa sih yang terdapat dalam sunscreen? sebelum masuk ke topik, perlu kalian ketahui bahwa sunscreen itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu, physical sunscreen dan chemical sunscreen.

terdapat bahan kimia physical maupun cemical dalam sunscreen ataupun make up kita


Bahan Kimia 

Bahan kimia yang masuk dalam kategori physical sunscreen adalah Titanium Dioxide dan Zinc Oxide. Cara kerja dari physical sunscreen adalah dengan cara menghalangi/memblok sinar UV. Kekurangan dari physical sunscreen biasanya meninggalkan whitecast sesaat setelah diaplikasikan.

Sedangkan bahan kimia yang termasuk dalam kategori chemical sunscreen adalah Avobenzone, Oxybenzone, Mexoryl, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate yang berfungsi untuk menangkal UV A dan Ethylhexyl Methaxycinnamates atau yang biasa disebut Octynoxate.

Cara Kerja 

Cara kerja dari chemical sunscreen adalah menyerap sinar UV. Kekurangannya, suncreen tipe ini adalah reaksi alergi pada kulit. Karena biasanya pada chemical sunscreen terkandung banyak sekali jenis alkohol yang dimaksudkan untuk membuat sunscreen lebih cepat menyerap.

Sedangkan physical sunscreen dapat bekerja setelah diaplikasikan. jadi kalian bisa langsung keluar ruangan tanpa harus menunggu lama. Sedangkan sebaliknya chemical sunscreen harus ditunggu selama kurang lebih 15-30 menit setelah diaplikasikan sebelum kalian keluar ruangan dan terpapar matahari langsung.

Tapi walaupun kalian sudah memakai sunscreen untuk memproteksi kulit, tetap disarankan untuk tidak terpapar matahari terlalu sering ya! karena bagaimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati. dan disarankan untuk mereapply sunscreen minimal 2-3 jam sekali ketika kalian banyak terpapar sinar matahari.


That's it! Semoga artikelnya banyak membantu ya. Jangan lupa untuk memakai sunscreen ketika keluar ruangan ya!

Adios,
Turquoispeachbeauty

0 komentar:

Posting Komentar

hai, terimakasih sudah baca :D Share juga yuk pendapat kalian di comment box!