[Beauty 101] Mengenal Jenis-Jenis Masker

holla! kali ini aku akan membahas mengenai jenis-jenis masker yang dijual bebas di pasaran dan juga menjelaskan kira-kira masker apa sih yang sesuai dengan jenis kulit kalian? penasaran? baca terus ya! hehehe 

1.     Masker bubuk
Masker ini adalah yang paling sering kita jumpai di supermarket atau mini market. Memiliki berbagai macam fungsi mulai dari mencerahkan hingga anti jerawat. Untuk menggunakannya kita hanya perlu untuk mencampurkan bubuk masker menggunakan air. Namun air bukanlah hal yang mutlak, kalian bisa juga mencampurnya dengan air mawar atau toner sesuai dengan kebutuhan kulit kalian loh. Kemudian setelah dicampurkan dengan air atau air mawar/toner aplikasikan ke wajah, tunggu hingga mengering lalu bilas menggunakan air hangat.

ovale bedak dingin, harus ditambahkan air agar menjadi pasta

Keunggulan masker bubuk adalah kebebasan kita untuk memilih campuran cairan untuk melarutkan masker. Jika kulit membutuhkan hidrasi lebih, kalian bisa menggunakan hydrating toner sebagai campuran untuk melarutkan masker. Kelemahannya, pada saat masker mengering, maskernya akan berbentuk serpihan-serpihan bubuk dan akan berjatuhan. Sangat mengganggu jika bubuk yang berjatuhan terhirup.

2.     Masker cream
Selain masker bubuk, jenis masker krim juga sangat sering kita jumpai di supermarket. Masker ini juga termasuk jenis masker washed off atau masker yang harus dibilas menggunakan air. Jenis masker ini juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan masker bubuk, mencerahkan wajah, mengurangi jerawat hingga melembapkan wajah. Masker ini umumnya disukai karena cara penggunaannya yang praktis. Masker ini bisa dapat langsung diaplikasikan ke wajah tanpa perlu mencampur dengan air, tunggu hingga kering lalu bilas.

Vienna Strawberry Souffle

Biasanya masker ini mengandung ekstrak buah-buahan tertentu yang memiliki fungsi sesuai dengan permasalahan kulit. Seperti ekstrak buah lemon untuk mencerahkan sekaligus anti jerawat dan ekstrak apulkat untuk memberikan kelembapan di kulit.

3.    Peel off mask
Jenis masker ini tergolong unik karena setelah mengering masker ini tidak perlu dibilas, namun berubah seperti latex yang dapat dikelupas. Masker tipe ini biasanya digunakan oleh kalian yang berjenis kulit berminyak serta berkomedo. Karena jenis masker ini biasanya ampuh banget untuk mengangkat komedo. Sensasi mengelupas masker dan melihat komedo terangkat dengan sempurna merupakan satu kepuasan tersendiri deh hehe
vienna matcha green tea dan red velved cake peel off mask 

Sesuai fungsinya yang digunakan untuk mengangkat komedo serta mengurangi minyak diwajah, jenis masker ini kurang cocok untuk digunakan untuk kalian yang memiliki jenis kulit kering. Masker ini akan membuat kulit kalian semakin kering bahkan dehidrasi karena jenis masker ini memiliki kandungan alkohol sangat banyak untuk membuat maskernya cepat kering saat diaplikasikan di wajah.

4.      Sheet mask
Kebalikan dari peel off mask yang ditujukan untuk pemilik kulit berminyak, masker tipe ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang memiliki jenis kulit kering, karena memiliki kandungan essence yang melimpah. Fungsi dari sheetmask juga sangat beragam, mulai dari menghidrasi hingga anti aging.

the face shop real nature Lily for brightening

Banyak orang yang sangat menyukai jenis masker ini karena hasilnya yang instant di wajah. Yak, setelah kalian memakai masker jenis ini kulit berasa lebih kenyal, bertekstur halus dan lebih cerah disbanding sebelum memakai masker.

Inovasi yang ditawarkan produsen kecantikan dalam mengembangkan sheet mask agar lebih menarik juga sangat berpengaruh dalam penggunaan jenis masker ini, tengok saja beberapa brand yang mengeluarkan jenis sheetmask dengan aneka karakter-karakter lucu, bukan hanya dari kemasan namun juga bentuk maskernya sendiri. Cocok banget untuk kalian yang suka selfie dan diunggah ke media sosial. 


5.      Sleeping/overnight mask
Nah yang sedang happening saat ini nih adalah sleeping mask atau sleeping pack. Sesuai namanya kita bisa pakai masker ini semalaman ketika hendak tidur dan dibilas keesokan harinya. Nggak bikin maskernya berantakan di tempat tidur? Tentu saja tidak karena masker ini bentuknya seperti krim malam yang menyerap sempurna di wajah.
Namun biasanya teksturnya sendiri bukan seperti krim yang berat melainkan seperti gel yang lebih mudah meresap. Karena akan dibawa tidur, produsen juga pastinya sudah memikirkan bagaimana produknya bisa terserap ke wajah dengan sempurna tanpa mengotori tempat paling nyaman yang kalian miliki *tjielah bilang aja kasur*

Fungsi dari tipe masker ini biasanya untuk melembapkan dan mencerahkan wajah, membuat tekstur kulit menjadi lebih kenyal, halus dan warna lebih merata (kayak bahasa iklan deh, lan wkwkwk) sehingga cocok banget buat semua jenis kulit apalagi yang memiliki jenis kulit kombinasi atau dehidrasi.

6.      Clay mask
Yang terakhir ada clay mask, yang juga ada banyak jenisnya. Ada pink clay, white clay endesbree endesbre yang sebenarnya memiliki fungsi yang hampir serupa yaitu purifying.

Gue sendiri merupakan pecinta jenis masker yang satu ini, karena memang terbukti ampuh untuk membuat jerawat cepat kering dan menghilangkan noda bekas jerawat dengan cukup efektif.


Bentuk yang tersedia di pasaranpun cukup beragam, mulai dari bentuk bubuk hingga cream. Dan masing-masing memiliki keunggulannya. Gue cukup suka dengan kedua bentuk maskernya, yang bubuk biasanya dijual tanpa ada tambahan bahan lain, jadi benar-benar pure bentonite clay/pink clay. Kelebihannya, kita bisa tambahin ingredients lain yang kita suka.

utama spice clay mask yang berbentuk bubuk

Jadi misalnya, karena kulit gue cenderung kering jika pakai clay mask hampir tiap hari, gue mengakalinya dengan menambahkan beberapa tetes hydrating toner kedalam campuran maskernya. Sehingga kulit gue nggak bertambah kering setelah memakai clay mask. Tapi ada juga kok beberapa merk clay mask yang berbentuk cream tapi nyaman digunakan dan nggak bikin kering.

acnes tea tree oil clay mask yang berbentuk cream/pasta

Seperti yang sudah gue mention diatas, masker ini membuat kulit kering setelah menggunakannya, sehingga jenis masker ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat.


Setelah mengetahui jenis-jenis masker, sekarang hunting deh jenis masker apa yang kira-kira cocok dengan tipe kulit kalian. Diantara 6 jenis masker ini sih yang paling gue suka adalah clay mask! Karena walaupun kulit gue kering namun kadang suka muncul jerawat atau beruntusan dan yang paling ampuh untuk mengatasinya ya si clay mask.

Rekomendasi clay mask yang gue suka adalah acnes tea tree oil clay mask which is drugstore punya! Ini adalah cinta yang sesungguhnya, karena gue emang seneng banget nyoba-nyobain masker hampir semua merk (drugstore) tapi akan balik lagi ke si acnes tea tree oil clay mask. Untuk lebih detailnya, I will make a different post next time yaaa hehe

Segitu dulu postnya, hope it’ll help you. See you on the next post
Xoxo

Turquoispeachbeauty

7 komentar:

  1. Pengen banget nyobaik clay mask, apalagi innisfree yg warna warni ituuh 😆
    Kalo aku sekarang maskernya masker DIY gitu loh, dari beras..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya claymask inisfree yang warna warni itu emang minta banget dicobain yah hehe oh masker diy dari beras, diapain berasnya?
      Anyway terimakasih sudah mampir :)

      Hapus
    2. Berasnya diulek alus aja trus yg udah halus dicampur air sama madu, bisa sekalian buat peeling huehehe

      Hapus
  2. Aku paling suka cream mask, soalnya merk masker andalanku adanya yang itu hahaha Someday pengen cobain yang peel-off soalnya kayaknya lebih praktis yaa nggak perlu bilas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yang peel-off memang praktis banget buat yang suka maskeran tapi mager bilas hehe
      Terimakasih kak nindy sudah mampir :)

      Hapus
  3. Skrg aku lagi suka clay mask sih hehe terutama yang Innisfree^^

    apaceritatami.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi clay mask emang juara ya! Apalagi yang punya kulit berminyak :)

      Terimakasih ya sudah mampir:)

      Hapus

hai, terimakasih sudah baca :D Share juga yuk pendapat kalian di comment box!